Tuesday, 16 February 2016

ISTILAH ISTILAH PENTING DALAM MOTOGP







Istilah-Istilah Penting dalam MotoGP

Sobat GP mania sebentar lagi gelaran MotoGP bakalan digelar di sirkuit Losail Qatar,yang pastinya GP mania dah pada gak sabar kan melihat aksi-aksi menegangkan dan mencengangkan dari para Rider terbaik dunia.

Tapi sebelum itu ane pengen nanya nih sama GP mania dulu,,,GP mania dah pada tahu belum,apa yang dimaksud dengan Gravel,gap,racing line dsb....?

kalau belum pada tahu,berarti kebangetan deh,moso GP mania yang katanya gak pernah absent nonton Moto GP,istilah-istilah di MotoGP kagak tau...hhhhhh malu dong sama tukang buah yang tiap hari jualan grapel,lah kok grapel,itu mah anggur sama apel,ini gravel dodol...sbenernya admin juga tadinya kagak tau sih....(aha ketauan,admin cuman pura sok ngerti gravel).

tadi gua sempat ngebaca postingan disalah satu FP MotoGP tentang masalah gravel,gua jadi bingung gravel apaan ya,yaudah gua coba browsing,,,,dan tarraaaa ktemu deh apa yang dimaksud gravel..

tapi dalam hati agak sedikit kecewa sih...gua sebagai salah satu fans motogp tapi kagak ngerti istilah-istilah dalam motogp,ok deh sob bagi GP mania yang belum tau istilah-istilah yang ada di motogp,nih gua sebagai salah satu GP mania yang pernah malu sendiri gara-gara kagak tau istilah gravel,mau nyoba berbagi sedikit info melalui postingan Blog sederhana dan amburadul ini...
cekidotttt..

#Dorna Sport
adalah Badan yang bertindak sebagai promotor dan yang berhak atas penyiaran MotoGP

#FIM(the Federation Internationale Motorcyclisme)
adalah badan yang menaungi/mengatur semua ajang balapan motor seluruh dunia.

#GP(Grand Prix)
adalah ajang balapan motor prototype(non produksi massal)

#IRTA
adalah International Road Racing Teams Association(Asosiasi yang mewakili seluruh team peserta Grand Prix).

#Race Direction
adalah tim gabungan dari Dorna,IRTA,FIM yang bertugas untuk
mengambil keputusan terhadap kondisi balapan.

# Court of Arbitration for Sport (CAS)
adalah sebuah pengadilan yang mengatur hukum-hukum dalam olah raga dunia.

#Wet Race
adalah Balapan dengan kondisi trek yang basah akibat hujan.

#Dry Race
adalah kondisi balapan ditrek yang kering.

#Tranfonder
adalah sebuah alat yang ditanamkan disetiap motor yang digunakan untuk membalap,alat tersebut digunakan untuk menghitung catatan waktu dari setiap pembalap guna mengetahui siapa yang tercepat pada saat setiap melewati garis finish.

#Conference Pers Room
adalah ruangan yang digunakan setelah turun dari podium untuk berjumpa dengan wartawan.

#DNF
adalah singkatan dari(Did not Finish)adalah keadaan seorang pembalap yang gagal finish akibat masalah pada motor atau kecelakaan yang mengharuskan pembalap tidak dapat melanjutkan balapan.

#Throttle
adalah Gas pada motor untuk pengendali/pengatur kecepatan.

#Fairing
adalah bagian terluar dari motor yang melindungi motor dari debu dan angin atau istilahnya pembungkus kerangka dan mesin.

#Wild Card
adalah pembalap non kontrak yang dikutsertakan membalap pada saat tertentu.Pembalap cadangan.

#Park Ferme
adalah area parkir pembalap juara yang hendak naik ke podium,biasanya yang digunakan adalah area pit line.

#High Side
adalah kecelakan yang disebabkan oleh ban belakang yang terpeleset dan kemudian mendapatkan cengkraman hingga ban belakang terpental keatas setelah mendapatkan grip.

#Low Side
adalah kecalakaan yang disebabkan oleh kedua ban yang kehilangan cengkraman akibat kehilangan traksi hingga motor terjatuh dari arah baawah.

#Rider/Drive Through Penalty
adalah Pelanggaran yang diakibatkan oleh manuver yang bisa membahayakan pembalap lain.
dan pembalap yang melakukan pelanggaran ini harus memasuki pit lane.

#Jump Start
adalah pelanggaran yang dilakukan karena melajukan kendaraan sebelum lampu merah padam atau nyolong start.

#Stop and Go Penalty
adalah pelanggaran yang mewajibkan pelaku memasuki pit lane untuk beberapa detik.

#Black Flag
adalah kibaran bendera hitam sebagai tanda pelanggar didisqualifikasi.

#Waiting Zone
adalah tempat berkumpul para pembalap sebelum menuju garis star setelah petugas memanggil.

#High Speed Corner
adalah tikungan dengan kecepatan tinggi biasanya berbentuk bulat,disebut juga Rolling Speed Corner.

#R
adalah berasal dari kata Radius sebutan untuk semua tikungan.contohnya tikungan 1 disebut juga R1.

#Straight
adalah trek lurus,trek paling tepat untuk mendahului lawan.

#White Line
adalah sebuah garis putih dilintasan balap,yang berdekatan dengan bibir lintasan dan berfungsi sebagai petunjuk para pembalap untuk menentukan jalur balap(racing line).

#Hairpin Corner
adalah sebuah tikungan tajam atau tikungan mati yang mengharuskan para pembalap untuk braking total dan mendadak.
tikungan ini memiliki besar sebesar lintasan.

#Chamber
adalah Lintasan miring yang biasanya terdapat ditikungan,ditempatkan ditikungan agar memudahkan pembalap pada saat menikung meskipun dalam kecepatan tinggi.

#Race Director Room
adalah Ruangan untuk pengawas atau pemimpin lomba balapan.
dan diruangan ini para pembalap dipantau catatan waktu,urutan lap,posisi dan disinilah kamera jump start dihubungkan,diawasi gerak geriknya.

#Kamera Jump Start
adalah kamera yang diletakkan disepanjang garis start guna mengawasi pembalap pada saat start.

#Lap Board
adalah sebuah papan yang digunakan untuk memberi informasi kepada pembalap disetiap pembalap melintasi garis start tentang sisa lap,last lap,posisi dll.

# Scruttineriing
adalah tempat pemeriksaan motor setelah balapan berlangsung,apakah motor tersebut memenuhi aturan atau tidak,jika tidak memenuhi peraturan maka akan didisqualifikasi dan hasil pencapaian akan hangus.

#Podium
adalah sebuah tempat istimewa yang digunakan untuk memberi penghormatan kepada para juara baik berupa hadiah maupun piala,trohi.

#Tribun
adalah tempat dipinggiran lintasan yang digunakan oleh para penonton atau tamu undangan untuk menyaksikan jalannya lomba/balapan.

#Curbstone/Kerb
adalah sebuah gundukan bergerigi yang terdapat biasanya ditepian tikungan dan diberi cat warna warni,berfungsi sebagai penahan kendaraan yang terlalu out dari tikungan dan menggiringnya kembali ke racing line.

#Start
adalah tempat para pembalap berkumpul untuk memulai balapan.

#Lampu Start
adalah Lampu yang digunakan sebagai penanda balapan dimulai lebih tepatnya ketika lampu merah padam para pembalap harus mulai memacu kendaraan balap mereka untuk berlaga.

#Finish
adalah ditandai dengan sebuah garis untuk menunjukkan pemenang,tentunya pemenangnya adalah rider yang terlebih dahulu melintasi garis finish pada saat Last Lap.

#Starting Grid
adalah letak posisi start dari pembalap yang ditandai dengan angka-angka,dan angka posisi start ditentukan dari hasil Qualifikasi.

#QTT Qualifying Time Trial.
adalah waktu tertentu yang telah ditetapkan yang diberikan kepada pembalap untuk mengitari sirkuit guna mencatatkan waktu tercepat untuk mendapatkan start grid terdepan.
misalnya waktu yang diberikan 20 menit,pembalap boleh melakukan berapapun putaran untuk mendapatkan catatan waktu tercepat selama tidak melebihi batasan waktu yang telah ditetapkan,dan diperbolehkan juga untuk menyeting ulang motornya kepaddock.

#Chicane
adalah lintasan berbentuk huruf S yang biasanya berada diantara trek lurus dan berfungsi untuk mengurangi kecepatan.
dan diChicane inilah para pembalap mempertontonkan kelihaian mereka dalam menikung dan bahkan ada yang overtaking.

#Pit Area
adalah jalur in dan out para pembalap untuk masuk dan keluar dari paddock menuju lintasan atau dari lintasan menuju paddock.

#Pit Line
adalah sebuah garis dipinggiran pit area dan biasa digunakan atau oleh para Marshall pengibar bendera berdiri dan untuk mengawasi lalu lalang kendaraan balap yang hendak keluar masuk paddock atau lintasan.


#Stopie

Stopie adalah keadaan dimana ban depan motor direm mendadak sehingga roda belakang mengangkat atau motor jadi menungging.


#Wheelie
Whellie adalah keadaan ban depan motor yang terangkat pada saat dikendarai atau dalam keadaan melaju dikecepatan tertentu.

#Late Braking
Late Braking adalah keadaan motor yang direm mendadak pada saat memasuki tikungan.


#Rear Wheel Sterring atau Sliding
adalah keadaan motor yang dimainkan traksi ban belakangnya,sehingga terlihat ban belakang motor agak membelok atau goyang-goyang.

#Over Laping
Overlaping adalah keadaan menyalip dari seorang pembalap ketika menyalip pembalap lain yang berselisih satu lap atau lebih.
kejadian ini biasanya terjadi pada pembalap satelit yang di salip oleh team pabrikan pada saat team pabrikan sudah melewati 30 lap atau lebih sedangkan team satelitnya baru 29 lap.

#Overtaking
Overtaking adalah keadaan saling menyalip dari para pembalap.

#Braking Marker
Braking Marker adalah segala sesuatu yang dijadikan pertanda oleh pembalap untuk mengerem pada saat hendak memasuki tikungan.


#Apex
Apex adalah bagian paling rapat dari sebuah tikungan yang dilalui pembalap pada saat hendak keluar dari tikungan dan berakselerasi.

#Paddok Area
adalah sebuah ruangan disirkuit yang digunakan sebagai markas atau tempat berkumpul para pembalap dengan mekanik,manager,tempat menyeting motor,bisa juga sebagai tempat istirahat pembalap dll.

No comments:

Post a Comment